Wahana Didaktika
Vol. 19 No. 1 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan

Pembelajaran Kolaboratif Sekolah Dasar Menggunakan Model Vygotski

Ignasius Heri Satrya Wangsa (Universitas Katolik Musi Charitas - Palembang)
Ignatius Putera Setiahati (Universitas Katolik Musi Charitas - Palembang)
Antonius Singgih Setiawan (Universitas Katolik Musi Charitas - Palembang)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2021

Abstract

Aspek sosial menempatkan manusia yang hadir dan berinteraksi satu dengan lainnya. Dalam konteks pendidikan, ruang kelas menjadi sumber daya dimana model pembelajaran sosial diterapkan dengan melibatkan siswa untuk berinteraksi mengembangkan ketrampilan2 sosial mereka sekaligus mengelola kerjasama kolaboratif. Prosedur analisa naratif digunakan Peneliti untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran sosial Vygotsky (Vygotsky, 1962; Gindis, 1999; Burkhalter, 1995; Totten, Sills, Digby & Russ, 1991) dengan menggunakan lima domain yang memiliki relevansi terhadap pembelajaran kolaboratif sekolah dasar (Damon & Phelps, 1989; Dillenbourg, 1999). Lima domain tersebut masing2 adalah intervensi (intervention), pertukaran (exchange), ide (idea), peran (role), dan partisipasi (participation). Penelitian konseptual ini diharapkan dapat memberi sumbangan dalam literatur pembelajaran kolaboratif sekolah dasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...