Wahana Didaktika
Vol. 18 No. 3 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA SMP PATRA MANDIRI 2

Kiki Amelia (Unknown)
Hetilaniar Hetilaniar (Universitas PGRI Palembang)
Masnunah Masnunah (Universitas PGRI PAlembang)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2020

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode True Eksperimental  Design Tipe Posstest Only Control Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Hasil Penelitian terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Patra mandiri 2 Palembang. Hasil nilai perhitungan data belajar siswa menggunakan uji-t (T Test dari Anova) yang terdapat pada sebuah program SPSS versi 19. Menunjukkan bahwa yang berarti jika nilai Sig > 0,05 maka distribusi data homogen, dan jika nilai Sig < 0,05 maka distribusi data tidak homogen. Hasil perhitungan nilai signifikan diatas nilai yang diperoleh ternyata uji-t 0,54 > 0,05. Berarti nilai Sig > 0,05 maka peneliti menyimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Patra mandiri 2 Palembang”. Kata Kunci : Model Pembelajaran Sinektik, Menulis Puisi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...