AbstrakMasalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat kemampuan pemahaman IPS materi kegiatan ekonomi dan peranan guru terhadap Peserta Didik Kelas V di SD Negeri 1 Ujung Tanjung. Objek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS, siswa dan kepala SD Negeri 1 Ujung Tanjung. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik  pengumpulan  data  meliputi  tes,  wawancara,  dan  dokumentasi, sedangkan teknik analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat  pemahaman  pemahaman IPS  sebesar  77,25%  termasuk  dalam  kategori  baik. Peranan guru adalah guru menjelaskan materi kegiatan ekonomi telah sesuai dengan kurikulum k-2013. Selain itu, guru telah menggunakan buku guru dan buku siswa. Buku guru berupa buku paket dan buku siswa berupa LKS. Tetapi, tidak menggunakan media. Hal ini disebabkan karena di dalam buku tersebut terdapat hal-hal yang menarik, seperti gambar. Metode yang diterapkan guru bervariatif yaitu metode ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi.  Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman IPS, Peserta Didik
Copyrights © 2020