Wahana Didaktika
Vol. 18 No. 3 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 UJUNG TANJUNG

Pepi Permana (Universitas PGRI Palembang)
Kiki Aryaningrum (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2020

Abstract

AbstrakMasalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat kemampuan pemahaman IPS materi kegiatan ekonomi dan peranan guru terhadap Peserta Didik Kelas V di SD Negeri 1 Ujung Tanjung. Objek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS, siswa dan kepala SD Negeri 1 Ujung Tanjung. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik  pengumpulan  data  meliputi  tes,  wawancara,  dan  dokumentasi,  sedangkan teknik analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat  pemahaman  pemahaman IPS  sebesar  77,25%  termasuk  dalam  kategori  baik. Peranan guru adalah guru menjelaskan materi kegiatan ekonomi telah sesuai dengan kurikulum k-2013. Selain itu, guru telah menggunakan buku guru dan buku siswa. Buku guru berupa buku paket dan buku siswa berupa LKS. Tetapi, tidak menggunakan media. Hal ini disebabkan karena di dalam buku tersebut terdapat hal-hal yang menarik, seperti gambar. Metode yang diterapkan guru bervariatif yaitu metode ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi.  Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman IPS, Peserta Didik

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...