Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 9, No 2 (2021): BIOED : Jurnal Pendidikan Biologi

HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA BUDI MULIA KOTA BOGOR

Rifana Desi Rosalia (Universitas Kristen Indonesia)
Fajar Adinugraha (Universitas Kristen Indonesia)
Marina Silalahi (Universitas Kristen Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis hasil belajar kognitif siswa dan skor Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa pada materi pencemaran lingkungan sebelum dan sesudah penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar. Metode penelitian menggunakan metode pre-eksperimental design dengan one group pre-test post-test. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di bulan Maret sampai Juni 2021. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA SMA Budi Mulia Bogor dengan kelas penelitian X MIPA 2 dan X MIPA 3. Teknik analisis data dengan statistik desktiptif. Rerata nilai hasil belajar kognitif kelompok pre-test, yaitu 72.38 dan kelompok post-test, yaitu 86.25 dengan sekitar 13. 87 poin. Rerata skor KPS sebelum dan sesudah penerapan JAS secara berturut-turut adalah 108.06 dan 110.29 dengan peningkatan skor sebanyak 2.23 poin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rerata yang signifikan antara rerata nilai hasil belajar kognitif pre-test dan post-test menggunakan pendekatan JAS di mana melaui Uji Wilcoxon ditunjukkan Whitung = 58,8 < Wtabel = 772, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Selanjutnya, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata skor KPS sebelum dan sesudah penerapan pendekatan JAS pada materi pencemaran lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan Uji Wilcoxon yang menunjukkan Whitung = 812 > Wtabel = 772, sehingga Ho diterima dan H1 ditolak.Kata kunci, Hasil Belajar Kognitif, Jelajah Alam Sekitar, Keterampilan Proses Sains, Pencemaran Lingkungan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Bioed ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan Pendidikan Biologi (kurikulum, pembelajaran, laboratorium, dan lingkungan) atau telaah kritis dan penuangan ide-ide orisinal dalam ruang lingkup pendidikan Biologi. Bioed diterbitkan ...