Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol. 1 No. 03 (2021): Artikel Riset Periode Desember 2021

Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri 4 Srikaton

Okdiansyah Okdiansyah (STKIP PGRI Lubuklinggau Pendidikan Guru Sekolah Dasar)
Tio Gusti Satria (STKIP PGRI Lubuklinggau Pendidikan Guru Sekolah Dasar)
Aswarliansyah Aswarliansyah (STKIP PGRI Lubuklinggau Pendidikan Guru Sekolah Dasar)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa media pembelajaran flashcard pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 4 Srikaton yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini yaitu research and development (R &D) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE. Sampel penelitian atau subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 9 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui pengisian angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kualitas Media dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase skor 83%; 2) Kualitas Media dilihat dari aspek kepraktisan dikategorikan sangat praktis baik respon siswa secara perorangan dengan persentase skor 84,6%, untuk persentase skor respon siswa kelompok kecil dengan nilai persentase skor 81,3% sedangkan untuk persentase skor respon guru dengan nilai persentase 90%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media pembelajaran Flashcard pada pembelajaran tematik memenuhi kriteria valid dan praktis serta dapat di gunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educendikia

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan multi-disiplin ilmu, baik pembelajaran dalam jaringan juga luar jaringan, merdeka belajar, pengembangan metode belajar pembelajaran terkini yang merujuk pada semua tingkat usia dan yang berkaitan dengan ...