Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 7, No 2 (2020)

ANALISIS MATERI POKOK BAHASA INDONESIA PADA BUKU AJAR TEMATIK KELAS IV EDISI REVISI 2018

Seka Andrean (UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
Muhammad Sufyan Ats-Tsauri (Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kegurunan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Muhamad Farizal (Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kegurunan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi dari materi bahasa Indonesia pada buku tematik kelas IV edisi revisi 2018 dengan beberapa aspek yaitu ruang lingkup materi berdasarkan Permendikbud No 21 tahun 2016; HOTS (Higher Order Thinking Skills); 4Cs (creative thinking, critical thinking, communication, collaboration); literasi membaca-menulis; literasi digital dan analisis karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis analisis wacana pada materi bahasa Indonesia di buku tematik kelas IV edisi revisi 2018. Hasil penelitian ini menunjukan adanya relevansi antara buku tematik kelas IV pada aspek yang sudah disebutkan dengan hasil 48% materi sudah disajikan, keterampilan HOTS belum relevan dengan hasil analisis yakni C3 sebanyak 25 indikator, dan C4 sebanyak 3 indikator, relevansi 4C sudah cukup merata dari 9 tema tersebut, literasi baca-tulis berdasarkan KD telah ditanamkan dengan cukup baik, literasi digital dalam pengembangan KD sudah cukup relevan dengan mengajak siswa untuk melihat sesuatu yang baru yang bersumber dari berbagai media visual teknologi, dan relevansi karakter yang dikembangkan meliputi peduli, disiplin, tanggung jawab, jujur, percaya diri, ketelitian, menghargai, cermat, rasa ingin tahu yang tinggi, dan dapat bekerja sama.Kata Kunci: relevansi; materi; bahasa indonesia; buku tematik kelas iv.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...