Dharmakarya : Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat
Vol 10, No 4 (2021): Desember, 2021

PELATIHAN MANAJEMEN REFERENSI: STRATEGI MENGHINDARI AKSI PLAGIARISME DI KALANGAN MAHASISWA MENGGUNAKAN ZOTERO

Atiqa Nur Latifa Hanum (Universitas Tanjungpura)
Sahidi Sahidi (Unknown)
Sisilya Saman Madeten (Unknown)
Amriani Amir (Unknown)
Mifta Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2021

Abstract

Tingginya aksi plagiarisme di kalangan akademisi terutama mahasiswa masih marak dilakukan. Celah dan peluang untuk melakukan kecurangan guna menghasilkan sebuah karya ilmiah terus dilakukan dengan berbagai alasan yang mendesak. Upaya yang dapat dilakukan salah satunya memberikan edukasi kepada para mahasiswa melalui pelatihan manajemen referensi menggunakan aplikasi zotero. Tujuannya untuk menganalisis kecenderungan tindakan plagiarisme yang menyebabkan mereka mengabaikan kaidah dan etika serta melatih mereka untuk tertib saat melakukan penulisan sebuah karya ilmiah. Metode yang digunakan berupa sosialisasi dan pelatihan oleh tim pelaksana pengabdian sesuai dengan keahlian bidangnya. Kegiatan dilakukan secara daring selama 3 hari berturut-turut. Hasilnya menunjukkan bahwa semua peserta pelatihan mengetahui adanya aplikasi manajemen referensi seperti zotero untuk mempermudah penulisan karya ilmiah namun mengabaikannya karena ketidakpahaman dalam penggunaan, informasi yang diperoleh berasal dari sumber bebas, kurangnya keterampilan literasi informasi, serta keterbatasan waktu untuk menyelesaikan menjadi permasalahan utama tindakan plagiarisme dilakukan di kalangan mahasiswa. Setelah mengikuti pelatihan, sebanyak 63,3% peserta merasa kemampuan kognitif dan afektifnya bertambah.

Copyrights © 2021