Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 9, No 2 (2021)

Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Menggunakan Media Pembelajaran Google Classroom

Syamsuriana Basri (Universitas Muslim Maros)
Reski Idamayanti (Universitas Muslim Maros)
Yusdarina Yusdarina (Universitas Muslim Maros)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran respon mahasiswa  terhadap pembelajaran daring menggunakan google classroom. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika semester VI angkatan 2018 Program Studi Pendidikan Fisika pada mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kearifan Lokal sebanyak 12 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 12 kali pertemuan dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner melalui google form. Kuesioner Respon Mahasiswa dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis deskriptif dan diagram diambil langsung pada google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa merespon positif pembelajaran daring menggunakan media google classroom yang digunakan pada mata kuliah pengembangan bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal dengan persentase 74% pada aspek efektif dan efisensi pembelajaran daring dan 24% pada aspek aspek tanggung jawab dalam pembelajaran daring.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is ...