GeoEco
Vol 1, No 1 (2015): GeoEco Januari 2015

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN METODE MIND MAP (PenelitianTindakanKelasPadaSiswaKelas X-6 SMA Negeri I Kroya, Kec.Kroya, Kab. Cilacap, TahunAjaran 2012/2013)

Astuti Hadi Rahayu (S2 PKLH UNS)
Sigit Santosa (FKIP UNS)
Danang Endarto (FKIP UNS)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Geografi dengan menggunakan model pembelajaran Mind Map dan media audio visual padamateri perkembanganjagadrayadanpembentukanmukabumi pada siswa SMA Negeri I Kroya, Kabupaten Cilacap. Metodepenelitian yang digunakan dalam pengambilan data adalah : metode observasi partisipan, dimana peneliti berperan sebaga ipelaksana danterlibat langsung dalam kegiatan penelitian, metode tes digunakan untuk mengukur kemampuan belajar siswa, kajian dokumen yang berupa silabus dan RPP, metode dokumentasi yang berupa foto kegiatan, dan metode angket untuk mengetahui motivasi siswa. Kelas penelitian adalah kelas X-6 SMA Negeri I Kroya di Kec.Kroya, Kab. Cilacap.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapdan media audio visual dalam mata pelajaran Geografi khususnya pada materi sejarah pembentukan bumi sangat efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-6 SMA Negeri I Kroya, Kec. Kroya, Kab. Cilacap.Kata Kunci : Model Pembelajaran Mind Map, Media Audio Visual, Motivasi dan hasil belajar

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

geoeco

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences

Description

The GeoEco Journal is a multidisciplinary journal covering all fields of education and science related to geography, demography and the environment. The purpose of writing this journal are to reveal facts, problems and problem solving that can be used as input for Government, institutions, society ...