Equilibrium
Vol 18, No 02 (2021): Equilibrium: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi

PERANAN GAYA KEPEMIMPINAN BERBASIS BUDAYA SIRI’ NA PACCE DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI KERJA (Studi Kasus Pada KAP Ardaniah Abbas)

M Miftach Fakhri (Universitas Negeri Makassar)
Suhartono Suhartono (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Della Fadhilatunisa (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan gaya kepemimpinan berbasis budaya siri’ na pacce dalam upaya  meningkatkan prestasi kerja.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi kritis. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data subjek yang di peroleh melaui proses wawancara kepada informan ditambah data dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan berbasis sir’i na pacce memberikan peranan atau kontribusi yang sangat besar dalam upaya meningkatkan prestasi kerja. KAP Arbani Abbas menerapkan gaya kepemimpinan yang demokrasi dan didalamnya diterapkan budaya siri’ na pacce. Dalam penerapannya setiap aktifitas yang dilakukan oleh para pegawai selalu dilandasi dengan budaya siri’ na pacce, dimana siri’ na pacce mengandung 3 nilai yaitu nilai rasa malu, kebersamaan, dan keberanian.Kedepannya,diharapkan KAP Arbani Abbas konsisten dengan gaya kepemimpinan yang diterapkannya sekarang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Equilibrium

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EQUILIBRIUM merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Eonomi FKIP Universitas Kuningan yang memuat karya tulis dan penelitian ilmiah dosen dan mahasiswa dibidang ilmu kependidikan dan Ekonomi. Jurnal EQUILIBRIUM terbit setiap 6 bulan sekali yaitu edisi Januari dan Juli ...