JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)
Vol. 4 No. 2 (2018): November 2018

STUDI KASUS MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS POWERPOINT KARYA MAHASISWA SEMESTER 6 PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UMS

Naufal Ishartono (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Adi Nurcahyo (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2018

Abstract

ABSTRAK. Matematika memiliki objek kerja yang bersifat abstrak, oleh karena itu diperlukan sebuah media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan objek-objek abstrak dari matematika. Salah satu media visual tersebut adalah PowerPoint. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskribsikan kualitas media pembelajaran matematika berbasis PowerPoint yang dikembangkan oleh mahasiswa semester enam Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMS. Kriteria yang digunakan dalam menilai kualitas tersebut adalah syarat didaktis, syarak konstruksi dan syarat teknis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan validasi ahli, deskripsi, dan analisis. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa hanya 5% dari total PowerPoint yang dikembangkan oleh mahasiswa memiliki kualitas yang baik. Dari 95% sisanya, mayoritas memiliki kekurangan dalam pemenuhan syarat konstruksi. Dara fakta tersebut, kajian lebih mendalam tentang bagaimana mahasiswa dapat mengembangkan media pembealajaran matematika berbasis PowerPoint yang memiliki kualitas mutu yang baik dipandang perlu untuk dilakukan khusunya pada keterpenuhan syarat konstruksi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jinop

Publisher

Subject

Education

Description

JINoP acts as medium of publicating the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in the ...