Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Unversitas Muhammadiyah Aceh
Vol 8, No 2, Oktober (2021)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

Hafidz Adlyani (UIN Ar-raniry Banda Aceh)
M. Duskri (Unknown)
Susanti Susanti (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen karena peneliti tidak mampu mengontrol variabel lain yang mempengaruhi penelitian saat memberi perlakuan dan pengukuran terhadap sampel. Desain yang digunakan yaitu Control Group Post Test Design dengan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dibandingkan setelah dilakukan treatment. Sampel diambil menggunakan total sampling, karena peneliti menggunakan seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) model pembelajaran DLPS berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa yang dilihat dari hasil uji one sample t-test; (2) model pembelajaran DLPS lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Diharapkan bagi peneliti yang berniat melakukan penelitian ini lebih lanjut agar dapat menerapkan model pembelajaran DLPS dengan memodifikasi atau menggunakan media pada materi-materi yang lain baik di jenjang yang sama ataupun berbeda.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh is an open-access based on journal that contributes to improve the scientific treasures. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan and pembelajaran for researchers, professionals, lecturer, and ...