Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika
Vol 6, No 2 (2021)

Pengaruh Perhatian, Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Se Kecamatan Poleang dan Pemekarannya pada Masa Pandemi Covid-19

Kamiluddin, Kamiluddin (Unknown)
Adhi Wibawa, Gusti Ngurah (Unknown)
Sumarna, Nana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh: (1) Secara parsial perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa pada masa pandemi covid- 19, (2) Secara parsial sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa pada masa pandemi covid-19, (3) Secara parsial motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa pada masa pandemi covid-19, dan (4) Secara simultan perhatian, sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa pada masa pandemi covid-19. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 128 siswa kelas VII SMP se- kecamatan Poleang dan pemekarannya di kabupaten Bombana. Penelitian menggunakan metode survey. Data tentang perhatian orang tua, sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar siswa menggunakan angket dan data tentang hasil belajar menggunakan tes. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Secara parsial perhatian orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa; 2) Secara parsial sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa; 3) Secara parsial motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa; 4) Secara simultan perhatian orang tua dan motivasi belaja siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa; 5) Secara simultan perhatian dan sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa; 6) Secara simultan sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa; 7) Secara simultan perhatian orang tua, sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021