Jurnal Edu Research
Vol. 5 No. 1 (2016): EDU RESEARCH

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TEKNIK MENCATAT MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA

Daruwati, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar dan hasil belajar ma h a siswa pada materi Kalor. Subjek dalam penelitian ini adalah ma h a siswaprogram studi pendidikan biologi yang berjumlah 13 orang. Data yang diperoleh dari tes dan lembar observasi dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif.Hasil penelitian (a) hasil belajar siswa terdiri dari aspek pemahaman konsep dan aspek kinerja ilmiah. Untuk aspek pemahaman konsep pada siklus I dengan nilai rata-rata 60,58 dan ketuntasan belajar 15,38 % (belum tuntas), pada siklus IIdengan nilai rata-rata 66,35 dan ketuntasan belajar 76,92 % (tuntas), dan pada siklus III dengan nilai rata-rata 74,81 dan ketuntasan belajar 92,31 % (tuntas).

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

EDU

Publisher

Subject

Education

Description

Edu Research diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut. Edu Research terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan ...