Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi

PENGEMBANGAN PEMASARAN AYAM POTONG KEMASAN CAHAYA SOPPENG DI KELURAHAN PUNGGALUKU KECAMATAN LAEYA KABUPATEN KONAWE SELATAN

idris, silvia (Unknown)
Karno, Edy (Unknown)
Hasniah, Hasniah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui pengembangan pemasaran ayam potong kemasan Cahaya Soppeng, 2). Peneliti ingin adanya inovasi pada produk ayam potong yang dapat bersaing di pasaran serta mengikuti permintaan pasar. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan metode Research and Development (R&D), yang terdiri dari 1). Idea generation, 2). Idea sreening, 3). Concept Defelopment and testing, 4). Marketing strategy development , 5). Business analysis, 6). Product Development, 7). Market testing, 8). Commercialization. Fokus dalam penelitian ini yakni : 1). Pengembangan pemasaran ayam potong kemasan untuk meningkatkan pendapatan, 2). Membuat inovasi yang bisa di jangkau oleh masyarakat di Kelurahan Punggaluku Kabupaten Konawe Selatan. Sumber dalam pengujian produk  menggunakan beberapa panelis sebagai sumber data. Metode analisis data yang digunakan yakni dengan borang lembar penilaian/kuesioner sebagai acuan penilaian produk. Penilaian produk terdiri dari beberapa aspek yaitu 1). Kualitas daging ayam, 2). Kemasan, Harga Produk, dan 3). Kepuasan Konsumen. Hasil dari penelitian ini ialah berdasarkan uji kelayakan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa untuk kualitas daging ayam nilai rata-rata 3.92, Kemasan, rata-rata 3.88, harga rata-rata 3.64 dan kepuasan konsumen rata-rata 3.92. Setelah adanya inovasi pengembangan produk menjadi kemasan yang praktis, inovasi tersebut telah menambah angka penjualan ayam potong cahaya soppeng. Pengembangan Ayam Potong kemasan Cahaya Soppeng di Kelurahan Punggaluku Kecamatan Laeya Kabupaten Konawe Selatan telah dilakukan oleh pihak peneliti dengan pendapatan yang diperoleh selama 4 minggu pada bulan Juni 2020 adalah sebesar Rp.13.600.000 dengan penjualan sebanyak 440 pcs ayam potong kemasan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JOPSPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan, Ekonomi, Ekonomi Koperasi, Geografi Ekonomi, Ilmu Ekonomi, ...