Jurnal Profesi Kependidikan
Vol 2, No 2 Okt (2021)

Meningkatkan Hasil Belajar Kelistrikan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Kelas XI TBSM SMK Negeri 11 Samarinda

Muhammad Zainul Muhtadin (SMKN 11 Samarinda)
Saharuna Saharuna (Universitas Negeri Makassar)
Mansyur Azikin (SMKN 10 Makassar)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaranProblem Based Learning di kelas XI TBSM SMK Negeri 11 Samarinda. Penelitian dilaksanakan 3 siklus, masing-masing siklus ada 4 tahap dengan jenis diskriptif kualitatif, instrumen yang digunakan berupa : 1)lembar observasi, 2) soal tes dan soal lembar kerja.Hasil penelitian terdapat peningkatan rata-rata hasil penilaian Siklus I 62 menjadi 71,14 pada Siklus II dan menjadi 83,71 pada Siklus III. Hasil penilan siswa tes formatif dari 35 siswa yang tuntas pada Siklus I ada 12 siswa atau 34,28% dan yang belum tuntas 23 siswa atau 65,71%, pada Siklus II yang tuntas ada 20 siswa atau 57,14% yang belum tuntas 15 siswa atau 42,85%, dan pada Siklus III ada 33 siswa atau 94,28% tuntas dan yang belum tuntas ada 2 siswa atau 5,71%.Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning

Copyrights © 2021