Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 8, No 1 (2020): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI SISWA SMP DAN SMA DI BOSOWA SCHOOL MAKASSAR

Nasrullah, Nasrullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan Bosowa School Makassar dalam penerapan Gerakan Literasi Sekolah dan kendala yang dihadapi dalam penerapan program Gerakan Literasi Sekolah. Penelitan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan upaya yang dilakukan Bosowa School Makassar dalam penerapan Gerakan Literasi Sekolah yaitu menerapkan kelas literasi, mengadakan ekskul literasi, pemilihan duta baca, menerbitkan buku karya siswa dan wajib kunjung perpustakaan. Kendala yang dihadapi dalam penerapan program Gerakan Literasi Sekolah yaitu konsistensi dan kesadaran siswa tentang literasi masih rendah, daya tarik siswa lebih cenderung ke penggunaan media teknologi, kurangnya disiplin dan kesadaran siswa dalam mengembalikan buku ke perpustakaan dan padatnya waktu jam pelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...