DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Vol. 1 No. 2 (2020): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial

Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Madapangga Materi Pokok Persegi dan Persegi Panjang melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengn Bantuan Alat Peraga

Mikrayanti Mikrayanti (Dosen Prodi Pendidikan Matematika, STKIP Bima, Kota Bima, Indonesia)
Sriaryaningsih Sriaryaningsih (Dosen Prodi Pendidikan Matematika, STKIP Bima, Kota Bima, Indonesia)
Nila Sari (Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, STKIP Bima, Kota Bima, Indonesia)
Sahril Ramadan (Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, STKIP Bima, Kota Bima, Indonesia)
Miftahul Awalia (Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, STKIP Bima, Kota Bima, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2021

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa kelas VIIA SMPN 2 Madapangga disebabkan pembelajaran oleh guru tanpa menggunakan media pembelajaran sehinngga siswa mengalami kesulitan, kurang bersemangat, dan kurang termotivasi dalaam proses pembelajaran. Oleh karena itu agar proses pembelajaran berjalan dengn lancar maka diperlukan media pembelajaran yaang melibatkan siswa secara aktif dalaam proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penelitian dengn menggunakan alat peraga yaitu sebagai alat bantu untuk menciptakan proses belajar mengajar yaang efektif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar melalui penggunaan alat peraga. Penelitian dilaksanakan dengn prosedur penelitian tindakan kelas yaang dilaksanakan dalaam dua siklus. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIA dengn akltivitas belajar siswa siklus 1 pada pertemuan 1 dan 2 bertutut-turut sebesar 14,9 (aktif) dan 17 (sangat aktif) dan pada siklus II pertemuan 1 dan 2 berturut-turut sebesar 17,5 (sangat aktif) dan 17,7 (sangat aktif). Sedangkan untuk prestasi belajar siswa , persentasi ketuntasan klasikal 63,64% pada siklus I dan 90,91% pada siklus II. Nilai ini sudah memenuhi kriteria sesuai dengn indikator penelitian yaitu adanya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIA, sehinngga dapat disimpulkan bahwa dengn penggunaan alat peraga dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok himpunan kelas VIIA SMPN 2 Madapangga tahun pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

diksi

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial dengan e-ISSN: 2809-3593 dan p-ISSN: 2809-3585 merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pemikiran pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Kajian dibidang pendidikan antara lain, kebijakan-kebijakan pendidikan, implementasi pendidikan ...