DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Vol. 2 No. 1 (2021): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial

Profil Kesalahan Mahasiswa PGSD dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD

Rusdyi Habsyi (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Kie Raha, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif yang bertujuan untuk (1) mengidentifikasinjenis-jeniskesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa PGSD dalamnmenyelesaikan soal cerita pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD; (2). Mengidentifikasi jenis kesalahan yang paling.banyak dilakukan oleh mahasiswa PGSD dalam menyelesaikan soal cerita pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematikan SD. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Semeter V PGSD Tahun akademik 2020/2021 sebanyak 37 mahasiswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrument yaitu tes diagnostik. Hasil analisis statistik deskriptif adalah deskripsi mengenai jumlah kesalahan yang banyak dilakukan mahasiswa adalah 2 dengan persentase 37,8%, banyaknya mahasiswa yang melakukan kesalahan dengan jumlah tersebut adalah 14 mahasiswa dan persentase kesalahan penyelesaian soal cerita  untuk jenis kesalahan pada tiap item. Item 1, kesalahan teknis 13,51%; item. 2, kesalahan algoritma 16,21%; item 3, kesalahan konsep dan algoritma 29,72%; item 4, kesalahan algoritma 21,62 %; item 5, Kesalahan konsep 37,83%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

diksi

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial dengan e-ISSN: 2809-3593 dan p-ISSN: 2809-3585 merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pemikiran pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Kajian dibidang pendidikan antara lain, kebijakan-kebijakan pendidikan, implementasi pendidikan ...