Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 2 (2021): mei

PENGEMBANGAN MEDIA ACTIVITY BOOK UNTUK MENINGKATKAN NILAI KARAKTER MANDIRI ANAK USIA DINI

Silawati . (Mahasiswa Angkatan 2017 PG PAUD, FKIP Universitas Syiah Kuala)
Taat Kurnita Yeniningsih (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)
Dina Amalia (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2021

Abstract

Keywords: Media, Activity Book, Independent Character Value Learning media is very necessary in the early childhood learning process, including in developing independent character values. Currently, the availability of learning media to increase the value of independent character values for early childhood is still very limited, so researchers are interested in developing learning media for activity books. This research is a type of research and development (Research and Development) which aims to develop learning activity book media to increase the value of independent character. Data was collected by means of interviews, literature studies, and questionnaires. The initial concept development in this study consisted of the stages of defining, designing, and developing. The results of media activity book validation by media experts get a final score of 95% with the category largely determined by filling in special assessment materials for media experts who assess educational, technical, and aesthetic aspects. Meanwhile, the material expert obtained a final score of 86% with a very feasible category which was determined by filling out a special assessment instrument sheet for material experts in accordance with the material made. Based on the validation results from media experts and material experts, it can be said that the activity book developed is very feasible to be used as a learning medium in developing independent character values for children aged 4-5 years. This research was only carried out until the media validation stage, for the product trial stage and dissemination it would be carried out at the next education level. Abstrak. Media pembelajaran sangat diperlukan dalam proses pembelajaran anak usia dini, termasuk dalam mengembangkan nilai karakter mandiri. Saat ini ketersediaan media pembelajaran untuk meningkatkan nilai karakter mandiri anak usia dini masih sangat terbatas, sehingga peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran activity book. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran activity book untuk meningkatkan nilai karakter mandiri. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, studi literatur, dan lembar angket. Pengembangan konsep awal pada penelitian ini terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Hasil validasi media activity book oleh ahli media mendapatkan skor akhir sebesar 95% dengan kategori sangat layak yang ditentukan oleh pengisian lembar instrumen penilaian khusus untuk ahli media yang menilai aspek edukatif, teknis, dan estetika. Sedangkan oleh ahli materi memperoleh skor akhir sebesar 86% dengan kategori sangat layak yang ditentukan oleh pengisian lembar instrumen penilaian khusus untuk ahli materi yang menilai kesesuaian isi materi dengan media yang dibuat. Berdasarkan hasil validasi dari ahli media dan ahli materi, bahwa dapat disimpulkan bahwa activity book yang dikembangkan sangat layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran dalam mengembangkan nilai karakter mandiri untuk anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap validasi media, untuk tahap uji coba produk dan penyebaran akan dilakukan pada jenjang pendidikan berikutnya. Kata Kunci: Media, Activity Book, Nilai Karakter Mandiri

Copyrights © 2021