Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah
Vol 5, No 1 (2020): JENDELA PLS

Persepsi Pengelola Program PNFI Terhadap Tugas Pokok Penilik PNFI di Kabupaten Cirebon

Ahmad Hamdan (Universitas Siliwangi)
Nunu Heryanto (Universitas Pendidikan Indonesia)
Jajat S. Ardiwinata (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2020

Abstract

Permasalahan yang terjadi di Kabupaten Cirebon wilayah timur yaitu penilik yang belum secara maksimal menjalankan tugas pokoknya sesuai Permenpan No 14 Tahun 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran penilik dalam menjalankan tugas pokok dan mendeskripsikan manfaat yang dirasakan oleh para pengelola program PNFI terhadap keberadaan penilik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskiptif kualitatitf. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini yaitu para penilik dan pengelola program PNFI di Kabupaten Cirebon wilayah Timur. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu penilik sebagai pengendali program dan evaluasi dampak program PNFI sudah berjalan sebagaimana mestinya, meskipun masih ada beberapa penilik yang melaksanakan tugasnya tidak maksimal dan pembagian tugas penilik belum berjalan sesuai dengan peraturan yang ada. Para pengelola program sangat merasakan keberadaan penilik dalam meningkatkan mutu program PNFI.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpls

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Ruang lingkup Jurnal Jendela PLS meliputi : Pengembangan sosial dan pembangunan masyarakat pendidikan orang dewasa dan andragogi pendidikan keluarga, gender dan anak usia dini pendidikan kecakapan hidup pemberdayaan masyarakat model, strategi dan metode pelatihan dan kursus model, strategi dan ...