Journal of Basic Education Research
Vol 1 No 1 (2020): January

Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Kemampuan Menggali Informasi dari Dongeng Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar

Septia Wulandari (SDN 122/IX Petaling)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode drill terhadap kemampuan menggali informasi dari dongeng (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis peserta didik kelas II Sekolah Dasar Negeri 13/1 Muara Bulian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasi eksperimen. Subjek penelitian ini kelas IIC yang terdiri dari 23 siswa sebagai kelas kontrol dan IID yang terdiri dari 25 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 88,2. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 62,86. Berdasarkan hasil uji hipotesis nilai post-test didapatkan thitung > ttabel (0,1362<2,01290) yang dibuktikan dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk= 46 ini berarti hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode drill berpengaruh terhadap kemampuan menggali informasi dari dongeng peserta didik di kelas II Sekolah Dasar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JBER

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Basic Education Research (JBER) publishes high-quality methodological assessment, evaluation, and study research texts in various educational settings and scientific disciplines with their own specific phenomena, as well as related studies that address issues of concern in education ...