Pembelajaran berbasis etnomatematika dirancang untuk berfokus pada materi yang dikaitkan dengan budaya daerah tempat siswa. Banyak siswa yang tidak mengetahui istilah-istilah adat desa setempat khususnya istilah-istilah yang bersifat pengukuran matematis, padahal siswa tersebut merupakan penduduk asli desa setempat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Validitas Lembar Kerja peserta didik Siswa (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi geometri dan pengkuran. Penelitian ini bertempat pada SMP Negeri 4 Sungai Penuh dilakukan pada kelas VII dengan jumlah siswa 159 orang. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian pengembangan (Development Research) dengan jenis pengembangan Instructional Development Institute (IDI).Pengembangan instruksional model IDI menerapkan prinsip-prinsip pendekatan sistem. Ada tiga tahapan besar pendekatan sistem, yaitu penentuan (define) atau analisis kebutuhan, pengembangan (develop), dan evaluasi (evaluate).Hasil pada taha pengembangan (develop) dalam penelitian ini adalah LKPD berbasis berbasis etnomatematika pada materi geomerti dan pengkuran dinyatakan valid. Validasi LKPD ini dinilai oleh empat orang validator yang terdiri dari ahli media, bahasa dan pendidikan matematika. Rata-rata validitas LKPD Berbasis etnomatematika Pada Materi Geomerti dan Pengkuran secara keseluruhan adalah 4,417 dengan kategori valid.Kata Kunci: Etnomatematika, Lembar Kerja Peserta Didik(LKPD)
Copyrights © 2020