Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Vol 2 No 1 (2019): Jurnal PenKomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi

MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Studi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Belo Bima)

Suaeb Suaeb (STKIP BIMA)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2019

Abstract

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan paradigma pengelolaan pendidikan di tingkat sekolah dengan tujuan agar sekolah lebih responsif terhadap kebutuhan lingkungan sekitarnya, mampu meningkatkan partisipatif semua komponen masyarakat guna meningkatkan mutu sekolah. Tujuan penelitian adalah menganlisis: pelaksanaan MBS, upaya yang dilakukan dalam penerapan MBS, dan faktor pendukung dan penghambat penerapan MBS. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kegiatan: reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian menemukan: (1) penerapan MBS telah berjalan dengan baik, terlihat dari adanya proses perencanaan program kerja yang melibatkan komponen guru, komite, dan masyarakat. Pelaksanaan program yang berdasarkan pada skala prioritas dan kemampuan sekolah, adanya sistem koordinasi antar komponen, pengawasan program yang melibatkan berbagai pihak, serta adanya evaluasi dan monitoring program; (2) upaya yang dilakukan dalam penerapan MBS, yakni: melakukan analisis kemampuan sekolah untuk mengetahui kebutuhan masyarakat dan tantangan masa depan; merumuskan program dengan melibatkan semua pihak termasuk para pakar dalam bentuk kegiatan workshop dan lokakarya; merealisasikan program sesuai dengan job dan wewenang masing-masing, baik yang bersifat internal maupun eksternal; dan melakukan monitoring dan evaluasi program. (3) faktor pendukungnya, yakni adanya semangat kerja dari semua komponen, sistem manajemen yang transparan, serta sarana dan prasarana sekolah yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kesenjangan informasi dan teknologi, tingkat kepedulian masyarakat yang rendah, serta aturan birokrasi yang kaku membatasi inovasi dan kreativitas sekolah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan dan EKonomi (PenKoMi) merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Bima. Jurnal PenKoMi memuat artikel hasil penelitian dan hasil pemikiran di bidang pendidikan dan ekonomi, berisikan laporan hasil penelitian, hasil gagasan konseptual, dan critical review di bidang ...