Widya Dharma
Vol 26, No 2 (2014)

MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER MAHASISWA MELALUI SERVICE LEARNING PROGRAMDI MATA KULIAH ILMU GIZI DAN KESEHATAN

Luisa Diana Handoyo (Sanata Dharma University, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2017

Abstract

Pcndidikan karakter mcrupakan salah satu program pemerintah seperti tercantum dalam Renstra Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia 2010-2014 dan diterapkan untuk seluruh jenjang pendidikan. Penelitian ini mencoba menurnbuhkembangkan karakter, terutama karakter kreatif, tanggungjawab, kerja keras, komunikatif dan peduli sosial dalam diri mahasiswa yang mengikuti perkuliahan ilmu gizi dan kesehatan melalui kegiatan service learning. Service learning program merupakan suatu metode pembelajaran dimana siswa dihadapkan langsung pada permasalahan yang terjadi di masyarakat. Dalam pcnelitian ini, service learning yang dilakukan oleh mahasiswa adalah pclayanan posyandu dan penyuluhan mengenai kesebatan. Hasil penclitian menunjukkan bahwa karakter kreatif, tanggungjawab, kerja keras, komunikatif dan pcduli sosial mahasiswa diasah melalui semua tabap dalam kegiatan service learning mulai dari observasi, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan reftcksimahasiswa. Dari semua karaktcr tcrsebut, karakter yang paling berkembang adalah karakter komunikatif dan peduli sosial.

Copyrights © 2014