Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 6, No 1 (2021): Volume 6 Nomor 1, Februari 2021

Pemanfaatan Sumber Bacaan Berbasis Augmented Reality Untuk Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar

Heri Setiawan (PGSD FKIP UNIVERSITAS MATARAM)
Styo Mahendra Wasita Aji (Mahasiswa PPG, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang)
Itsna Oktaviyanti (PGSD FKIP Universitas Mataram)
Ilham Syahrul Jiwandono (PGSD FKIP Universitas Mataram)
Awal Nur Kholifatur Rosyidah (PGSD FKIP Universitas Mataram)
Ida Bagus Kade Gunayasa (PGSD FKIP Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Abstrak: Kajian ini bertujuan untuk menganalisis potensi pemanfaatan sumber bacaan berbasis augmented reality untuk gerakan literasi di sekolah dasar. Metode yang digunakan yaitu melakukan kajian literature (literature review) dengan menganalisis tentang gerakan literasi di sekolah dasar, literasi dan teknologi, dan sumber bacaan augmented reality. Berdasarkan analisis dihasilkan gambaran langkah-langkah yang dapat digunakan untuk memanfaatkan sumber bacaan berbasis augmented reality yaitu melalui: (1) mempersiapkan bahan bacaan; (2) memilih bahan bacaan; (3) menginstal aplikasi untuk buku berbasis augmented reality pada gawai; (4) kegiatan membaca ; dan (5) kegiatan diskusi. Pemanfaatan ini diharapkan dapat mendorong siswa semakin memiliki gairah berliterasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...