Jurnal ORTOPEDAGOGIA
Vol 7, No 2 (2021): November

Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Multimedia Power Point sebagai Support System Iklim Belajar Inklusif pada Matakuliah Kuliah Manajemen Inovasi

Rizqi Fajar Pradipta (Universitas Negeri Malang)
Muhammad Mujtaba Habibi (Universitas Negeri Malang)
Rista Ayu Mawarti (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Berangkat dari hasil observasi dan wawancara terkait dengan proses kegiatan belajar mengajar pada mahasiswa disabilitas pada semester genap 2019/2020 dan Ganjil 2020/2021 terkait dengan media penyampaian materi perlu adanya modifikasi terkait dengan fungsinya. Hal ini ditemukan permasalahan terkait pada materi power poin yang ditempelkan pada SIPEJAR tanpa bisa diakses secara optimal oleh mahasiswa dengan hambatan pengelihatan sehingga perlu ditambahkan sebuah audio atau suara terkait dengan isi naskah pada powerpoin tersebut. Temuan juga terjadi pada mahasiswa dengan hambatan pendengaran sebagai pendalaman materi mereka membutuhkan video interpreter agar dapat mendalami penjelasan diluar tekstual yang tertayang sehingga dapat mengoptimalkan proses pemahaman materi dari dosen. Oleh karena itu dirasa perlu adanya pengembangan pada media powerpoin agar lebih aksesibel bagi mahasiswa disabilitas sehingga dapat mewujudkan iklim belajar yang inklusif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian ini adalah pengembangan media dikatakan sangat layak dengan perolehan 91,6% dari Validator serta hasil uji coba terbatas yang juga menyatakan sangat layak dengan presentase hasil 92%. 

Copyrights © 2021