Jumper : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga

ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SERVICE FOREHAND TENIS MEJA PADA KELAS VIII SMP SABILA MEDAN (Penelitian Masa Pandemi Corona Virus Desease-19)

Ignasius Laia (Unknown)
Dicky Hendrawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana pelaksanaan model pembelajaran student team achievement divisions (STAD) terhadap hasil belajar materi service forehand tenis meja pada kelas VIII SMP Sabila Medan. Konsep yang digagas adalah untuk menemukan pembahasan model pembelajaran sebagai petunjuk proses belajar, kemudian dapat menjadi rekomendasi siswa untuk menerapkan pembelajaran teknik dasar yakni melaksanakan materi sevice forehand tenis meja. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan analisis terhadap hasil penelitian. Penelitian yang dilaksanakan pada masa pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) yakni melakukan kajian analisis yang bekaitan dengan gaya mengajar dan hasil belajar bola voli. Data penelitian diperoleh melalui kajian analisis secara mendalam pada 3 jurnal nasional tentang model pembelajaran student team achievement divisions (STAD), dan 3 jurnal nasional tentang teknik service forehand tenis meja. Hasil Analisis terhadap kajian model pembelajaran student team achievement divisions (STAD) dan service forehand tenis meja memiliki hubungan pada aspek penerapan proses pembelajaran. Model Pembelajaran student team achievement divisions (STAD) merupakan model pembelajaran kooperatif atau kelompok. Model STAD menekankan pada aktivitas dan interaksi antar siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai kompetensi belajar service forehand tenis meja. Teknik service forehand yang dapat diterapkan adalah : (1) Pukulan dilakukan dengan raket/pemukul bagian depan; (2) Bola dilambungkan ke arah atas dengan ketinggian + 30 cm; dan (3) Pukulan yang dilakukan sesuai dengan jarak yang diinginkan oleh pemukul pada posisi bola. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran merupakan rekomendasi untuk Kelas VIII SMP Sabila Medan berdasarkan analisis model pembelajaran student team achievement divisions (STAD) dapat diterapkan pada materi service forehand tenis meja. Hasil analisis ditemukan bahwa model pembelajaran memiliki kaitan hasil belajar dengan ketentuan yang ditetapkan yaitu : (1) Guru memiliki keterampilan service forehand tenis meja; (2) Guru memiliki keterampilan dalam melakukan penilaian siswa; (3) Guru dapat membagi kelompok secara merata sesuai dengan kriteria siswa; (4) Siswa memiliki kriteria disiplin yang baik; dan (5) Sekolah memiliki kesediaan peralatan tenis meja yang lengkap dan memadai. dengan demikian melalui model pembelajaran student team achievement divisions (STAD) dapat tercapainya hasil belajar service forehand tenis meja pada Kelas VIII SMP Sabila Medan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JUMPER

Publisher

Subject

Education Health Professions Public Health Other

Description

JUMPER (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga) merupakan kumpulan yang berasal dari tugas akhir mahasiswa ataupun hasil penelitian mahasiswa di bidang Pendidikan Olahraga. JUMPER (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga) terbit setahun dua kali yaitu pada bulan Mei dan ...