JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 12, No 2 (2019): JPPM (Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika) Volume 12 Nomor 2 Agustus 2019

PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI DISPOSISI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Risfalidah Risfalidah (Universitas Lampung)
Undang Rosidin (Universitas Lampung)
Sugeng Sutiarso (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2019

Abstract

Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL),  (2) untuk mengetahui disposisi peserta didik,(3) mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta didik, (4) mengetahui respon pesertadidik ditinjau dari kemenarikan dan kemudahan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI jurusan Perbankan  SMK  Negeri 4 Bandar Lampung, Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian dan pengembangan ini mengikuti prosedur ADDIE. Data diperoleh dari validasi LKPD, hasil tes kemampuan komunikasi dan angket disposisi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD valid menurut ahli media dan ahli materi, persentase hasil tes kemampuan komunikasi telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), dan disposisi matematis peserta didik cenderung meningkat pada beberapa indikator. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis peserta didik.Kata kunci: LKPD, PBL, disposisi, komunikasi, matriks.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...