Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL), (2) untuk mengetahui disposisi peserta didik,(3) mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta didik, (4) mengetahui respon pesertadidik ditinjau dari kemenarikan dan kemudahan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI jurusan Perbankan SMK Negeri 4 Bandar Lampung, Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian dan pengembangan ini mengikuti prosedur ADDIE. Data diperoleh dari validasi LKPD, hasil tes kemampuan komunikasi dan angket disposisi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD valid menurut ahli media dan ahli materi, persentase hasil tes kemampuan komunikasi telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), dan disposisi matematis peserta didik cenderung meningkat pada beberapa indikator. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis peserta didik.Kata kunci: LKPD, PBL, disposisi, komunikasi, matriks.
Copyrights © 2019