Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Vol 6, No 2 (2021)

PERAN TUTOR DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM RINI HANDAYANI KECAMATAN TAMBUN SELATAN KABUPATEN BEKASI

Dwita Sulistiani Cahya Sulistiani (Program Sarjana Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa, Karawang)
Dayat Hidayat (Program Sarjana Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa, Karawang)
Ahmad Syahid (Program Sarjana Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa, Karawang)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2021

Abstract

PERAN TUTOR DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM RINI HANDAYANI KECAMATAN TAMBUN SELATAN KABUPATEN BEKASI1Dwita Cahya Sulistiani, 2Dayat Hidayat, 3Ahmad SyahidProgram Sarjana Pendidikan Luar SekolahFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa, Karawang11710631040027@student.unsika.ac.id2dayathidayat194@yahoo.com3ahmad.syahid@fkip.unsika.ac.idĀ ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan peran tutor dalam menumbuhkan motivasi belajar bagi warga belajar paket C di PKBM Rini Handayani Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi; (2) mendeskripsikan faktor penyebab rendahnya motivasi belajar bagi warga belajar paket C di PKBM Rini Handayani Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di PKBM Rini Handayani Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Adapun subjek penelitian ini terdiri dari : (1) sumber informan terdiri dari dua orang warga belajar, (2) sumber informasi terdiri dari satu orang pengelola, satu orang kepala tata usaha, dan satu orang tutor. Penentuan subjek menggunakan teknik Purpose Sampling. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Tahap-tahap penelitian menggunakan tahap orientasi, tahap ekplorasi, dan tahap member check. Analisis data yang dilakukan menggunakan teknik koleksi data, reduksi data, display data (penyajian data) dan verifikasi data (pengambilan kesimpulan). Hasil wawancara yang diperoleh menunjukan hasil bahwa di PKBM Rini Handayani (1) Peran tutor dalam menumbuhkan motivasi belajar sudah cukup baik. mulai dari tutor berperan sebagai fasilitator, organisator, motivator, pengarah/director, fasilitator, evaluator, memberi pujian, dan memberi hukuman, namun terdapat peranan yang belum terlaksana secara optimal yaitu peran sebaagi evaluator dan memberi pujian yang cenderung kurang optimal. (2) Fator dari penyebab rendahnya motivasi dominan dari faktor external yang terdiri dari pengaruh lingkungan, keluarga dan teman, membuat motivasi belajar pada diri warga belajar mengalami penurunan saat melaksanakan pembelajaran.Kata Kunci : Peran Tutor, Motivasi, Warga Belajar, PKBM.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

E-Plus

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and ...