Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara signifikan sumber belajar Akuntansi dan interaksi pembelajaran terhadap hasil belajar Akuntansi Dasar serta untuk mengetahui pengaruh secara simultan sumber belajar Akuntansi dan interaksi pembelajaran terhadap hasil belajar Akuntansi Dasar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMAN 1 Cilimus Kuningan Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 202 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 67 siswa. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi, kemudian data dianalisis menggunakan analisis regresi linier begranda. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) sumber belajar Akuntansi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Akuntansi Dasar dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05; 2) interaksi pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Akuntansi Dasar dengan nilai signifikansi 0,003< 0,05; 3) sumber belajar Akuntansi dan interaksi pembelajaran secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar Akuntansi Dasar, di mana nilai F hitung 3,226 > F tabel 3,14, dan nilai signifikansi 0,046< 0,05.
Copyrights © 2021