Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Vol 7, No 2 (2020): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA

PENGUJIAN INSTRUMEN ROTATIONAL DYNAMICS CONCEPTUAL SURVEY DALAM MENGKAJI PERUBAHAN KONSEPTUAL SISWA SMK PADA KONSEP DINAMIKA ROTASI

Anifatul Mardiyah (Universitas PGRI Madiun)
Tantri Mayasari (Universitas PGRI Madiun)
Farida Huriawati (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Tujuan pelaksanan penelitian ini untuk menguji kelayakan instrumen Rotational Dynamic Conceptual Survey melalui kegiatan penguji cobaan terhadap siswa. Instrumen Rotational Dynamic Conceptual Survey merupakan instrumen tes diagnostik berbentuk four-tier yang telah dikembangkan oleh peneliti untuk mengkaji perubahan konseptual siswa pada konsep dinamika rotasi. Metode penalitian ini adalah kuantitatif. Analisis hasil data penelitian menggunakan Microsoft Excel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Hasil penguji cobaan instrumen terhadap validitas dan reabilitas, tingkat daya pembeda soal, dan tingkat kesukaran soal menunjukkan bahwa instrumen ini layak untuk digunakan. Uji validitas menghasilkan nilai rhitung > rtabel (0.632). Uji reabilitas menghasilkan r11sebesar 0.954 sehingga tergolong kategori sangat tinggi. Uji daya pembeda menunjukkan persentase 31% soal berkriteria sangat baik, 38% baik, dan 31% cukup. Uji tingkat kesukaran soal menunjukkan 75% soal berkategori sedang dan 25% soal berkategori mudah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika (JIPF) is a peer-reviewed journal that is managed by Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sriwijaya and published by Program Sarjana Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sriwijaya. JIPF is published ...