Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Vol 8, No 1 (2021): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA

PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS STEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Syuhendri Syuhendri (Universitas Sriwijaya)
Nesi Musdalifa (Universitas Sriwijaya)
Abidin Pasaribu (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2021

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan multimedia interaktif berbasis STEM pada pokok bahasan induksi elektromagnetik terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan one group pre-test post-test design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Tanjung Raja, dan sampel dipilih secara purposive adalah siswa Kelas XII IPA 4 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data adalah dengan pemberian tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda terdiri 20 butir soal untuk ranah kognitif. Hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest sebesar 27,97 dan rata-rata posttest sebesar 61,87 dengan hasil uji-t yang didapat yaitu 23,959 dan ttabel = 2,042 maka ????????? > ?????? artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis N-gain didapatkan hasil N-gain sebesar 0,471 pada kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan multimedia interaktif berbasis STEM terhadap peningkatan hasil belajar siswa.Kata kunci: Multimedia Interaktif, STEM, Hasil Belajar Siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika (JIPF) is a peer-reviewed journal that is managed by Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sriwijaya and published by Program Sarjana Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sriwijaya. JIPF is published ...