Telah dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan multimedia interaktif berbasis STEM pada pokok bahasan induksi elektromagnetik terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan one group pre-test post-test design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Tanjung Raja, dan sampel dipilih secara purposive adalah siswa Kelas XII IPA 4 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data adalah dengan pemberian tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda terdiri 20 butir soal untuk ranah kognitif. Hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest sebesar 27,97 dan rata-rata posttest sebesar 61,87 dengan hasil uji-t yang didapat yaitu 23,959 dan ttabel = 2,042 maka ????????? > ?????? artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis N-gain didapatkan hasil N-gain sebesar 0,471 pada kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan multimedia interaktif berbasis STEM terhadap peningkatan hasil belajar siswa.Kata kunci: Multimedia Interaktif, STEM, Hasil Belajar Siswa
Copyrights © 2021