HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Vol 5, No 2 (2020): Historia : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI STOP MOTION TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA SISWA KELAS X SMK NEGER 1 BATAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Yuliani, Nindri Eka (Unknown)
Okwita, Afrinel (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2020

Abstract

Media yang diterapkan oleh guru selama proses pembelajaran sejarah Indonesia tidak bervariasi, sehingga siswa merasa bosan dalam mempelajari sejarah Indonesia dan tidak memahami materi pelajaran tersebut. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa atau tidak mencapai KKM yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media pembelajaran animasi stop motion terhadap hasil belajar sejarah Indonesia siswa kelas X SMK Negeri 1 Batam tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil perhitungan, penerapan media pembelajaran animasi stop motion ternyata membawa dampak yang baik bagi siswa, yakni hasil belajar meningkat. Diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah sebesar 86, sedangkan kelas kontrol sebesar 80. Setelah melakukan analisis uji-t, diperoleh thitung sebesar 5,424 dan ttabel sebesar 1,668 dengan taraf signifikansi 0,05. Oleh karena nilai thitung> ttabel, maka disimpulkan bahwa pengujian menerima hipotesis alternatif (Ha), yaitu terdapat peningkatan hasil belajar sejarah Indonesia siswa kelas X SMK Negeri 1 Batam T.P. 2019/2020 setelah diterapkannya media pembelajaran animasi stop motion.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

journalhistoria

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Historia adalah jurnal ilmiah berkala Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan yang berkonsentrasi pada ilmu yang berkaitan dengan ...