cover
Contact Name
Tri Tarwiyani
Contact Email
pend.sejarah@fkip.unrika.ac.id
Phone
+6281261500096
Journal Mail Official
pend.sejarah@fkip.unrika.ac.id
Editorial Address
Prodi. Pendidikan Sejarah, FKIP-Universitas Riau Kepulauan, Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Batam
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
ISSN : 23018305     EISSN : 25990063     DOI : 10.33373
Jurnal Historia adalah jurnal ilmiah berkala Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan yang berkonsentrasi pada ilmu yang berkaitan dengan sejarah.
Arjuna Subject : -
Articles 62 Documents
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 14 BATAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Adi, Kartika Putri; Okwita, Afrinel; Tarwiyani, Tri
HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 1, No 1 (2016): Historia : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.831 KB) | DOI: 10.33373/his.v1i1.389

Abstract

Pembelajaran yang terpusat pada guru berdampak terhadap kurang optimalnya kemampuan berfikir siswa. Selain itu, siswa juga sulit untuk memahami materi pembelajaran dari bahan ajar yang telah disediakan sehingga siswa menjadi pelajar pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol di SMA Negeri 14 Batam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experimental Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 orang dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Pengambilan kelas sampel ini dilakukan secara acak dari kelas yang ada. Hasil uji coba instrumen yang terdiri dari 40 butir soal objektif yang di uji cobakan terdapat 25 butir soal yang valid dan digunakan sebagai soal post test pada kelas sampel. Data yang diperoleh dari hasil post test dianalisis menggunakan uji perbedaan rata-rata (uji-t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol, dimana rata-rata nilai dari kelas eksperimen adalah 73,07 sedangkan pada kelas kontrol mempunyai rata-rata 66,66. Dengan analisis uji-t diperoleh thitung sebesar 2,1084 pada signifikansi 0,05 dan ttabel sebesar 1,671 karena nilai thitung ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipa Jigsaw memiliki perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 14Batam.  Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Sejarah.
PILIHAN-PILIHAN PEKERJAAN MASYARAKAT PASCA GEMPA 30 SEPTEMBER 2009 (Studi Kasus: Masyarakat Nagari Padang Alai Kec. V Koto Timur Kab. Padang Pariaman) JOB CHOICES AFTER THE EARTHQUAKE SOCIETY ON SEPTEMBER 30, 2009 (Cases Study: Society In Padang Alai Subdistrict V Koto Timur Padang Pariaman Regency) Okwita, Afrinel
HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 1, No 2 (2016): Historia : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.144 KB) | DOI: 10.33373/his.v1i2.516

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pilihan-pilihan pekerjaan masyarakat pasca gempa 30 September 2009 Nagari Padang Alai Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini dilaksanakan di Nagari Padang Alai, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tipe penelitiannya adalah studi kasus Intrinsik dengan subjek penelitian masyarakat Nagari Padang Alai, pemilihan informan menggunakan purposive sampling yang mana informan ditentukan oleh peneliti secara sengaja. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi dan wawancara mendalam, untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi data. Kemudian dianalisis menggunakan interactive of analisys oleh Miles dan Huberman yang diawali dengan reduksi data, dilanjutkan display data dan penarikan kesimpulan. Temuan di lapangan menunjukkan bahwa pilihan-pilihan pekerjaan yang dilakukan masyarakat pasca gempa yaitu batanam barang mudo (palawija), bataranak ayam (peternak), tukang ojek, dan tukang panjek kambie. Pilihan pekerjaan masyarakat ini sesuai dengan kondisi lingkungan, nilai-nilai dan pengalaman. Masyarakat yang memiliki modal serta keberanian memiliki peluang untuk berhasil dibandingkan mereka yang tidak memiliki modal serta keberanian.Kata Kunci: Pekerjaan, Masyarakat, Pasca Gempa 2009 The purpose of this research is to describe job choices of post earthquake society on September 30, 2009 in Padang Alai Subdistrict V Koto Timur Padang Pariaman Regency. This research was conducted in Padang Alai, by using the a qualitative approach. Type of research is a case study Intrinsic to the subject of the study of society Nagari Padang Alai, the selection of informants using purposive sampling where the informan is determined by the researchers a deliberate. Technique data collecting by observation of participation and in-depth interviews, to test the validity of data is used triangulation data.Then analyzed using the interactive of analisys by Miles and Huberman beginning with data reduction, data display continued and conclusion job, Society, After the Earthquake 2009. Field findings show that of occupational choices are done by the community after the earthquake is batanam barang mudo (secondary crops), bataranak ayam (breeders), tukang ojek and tukang panjek kambie. Selection of society work in accordance with the environment condition, values and experience. Of society had the capital and the courage have the opportunity to succeed than those who do not have of capital and the courage.Keywords: Job, Society, After the Earthqake 2009
REFLEKSI POSISI PENDIDIKAN SEJARAH DALAM KEBIJAKAN KURIKULUM KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) Siahaan, Adela; Jubaedah, Siti
HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 1, No 1 (2016): Historia : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (119.332 KB) | DOI: 10.33373/his.v1i1.390

Abstract

Standar  kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang program pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan standar proses dan standar penilaian. Untuk mencapai ke arah itu, kurikulum dan peran guru sangat menentukan keberhasilan pendidikan, karena kurikulum berjalan, sedangkan kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran pada KTSP ada beberapa alasan yang menjadi pilihan dalam upaya perbaikan kondisi pendidikan dalam upaya perbaikan kondisi pendidikan di tanah air, salah satunya adalah potensi siswa itu berbeda-beda dan potensi tersebut akan berkembang jika stimulusnya tepat dan mutu hasil pendidikan yang masih rendah serta mengabaikan aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerja seni dan olahraga serta life skill. Selain itu kurikulum harus mempunyai tujuan yang ingin dicapai baik yang bersifat kongkrit maupun abstrak dan berbagai konsepsinya seperti yang disebutkan di atas, sehingga hakekat kurikulum sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan benar-benar terwujud.
Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Mata pelajaran Sejarah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negerti 8 Batam Tahun Pelajaran 2015/2016. The Effectiveness of Probing Prompting to Increase the Students’ Motivation in History at the Eleven Grade the Science of Social at Senior High School 8 Batam in Academic Year 2015/2016. Yanti, Fitri; Restilawati, Restilawati
HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 1, No 2 (2016): Historia : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (748.089 KB) | DOI: 10.33373/his.v1i2.517

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran probing prompting. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Batam. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probility sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS 1 dan siswa kelas XI IPS 5. Jenis penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian dua kelompok sampel yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert, terdiri dari 50 butir soal motivasi dan diuji validitas menggunakan Alpha Cronbac yang menunjukkan indeks reliabilitas yaitu nilai rhitung rtabel (0,87 0,302 ) maka item yang dinyatakan reliabel 25 item digunakan sebagai instrument penelitian. Sebelum dilakukan analisis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa pada angket berdistrubusi normal dan homogen. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t.Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajran probing prompting dan model pembelajaran konvensional menggunakan metode ceramah. Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t yang dilakukan dengan bantuan Miscrosoft Office Exel 2007. Hasil perhitungan uji hipotesis diatas didapatkan uji-t (thitung) sebesar 4.24 sedangkan untuk ttabel dengan dk = n1+ n22 = 44+432 = 85 , taraf signifikan 5% di dapat ttabel 1.988, maka dapat dilihat bahawa thitung ttabel yaitu 4.24 1.999 kemudian dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan dmikian terdapat perbedaan antara motivasi belajar XI IPS 1 dan XI IPS 5Kata Kunci: Model Pembelajaran Probing Prompting, Mata Pelajaran Sejarah, Motivasi Belajar Siswa. This research has purpose to increase the students’ motivation by using Probing Prompting. This research is quantitative research. The researcher used experimental research. This experimental research was held at the Science of Social at Senior High School 8 Batam with the population in this research is all students at Eleven Grade the Science of Social . The researcher used probility sampling and took sample at the class at the Eleven Grade the First Science of Social as experimental class and the Eleven Grade the Fifth Science of Social as control. The technique of collecting data used liker scale, consist of 50 of motivation questions and validity test by using Alpha Cronbac that showed reliability was rcount rtable (0.87 0.302) so the items that reliable was 25items and used for test instruments. Before the analysis, normality test and homogeneity test was doing by the researcher, and showed that the questionnaire was normal and homogeny. After that, the technique of analyzing data that used was t test.The result of analysis can be concluded that the use of probing prompting gave significant effect in the students’ motivation in learning process than the use of close procedure, lecturing method. Can be seen by the result of t test was helping by Microsoft Office Excel. The result of hypothesis test was t test (tcount) was 4.24, while ttable was 1.988 with dk =
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLY GAME SMART TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 14 BATAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Yanti, Fitri; Anggraini, Nur
HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 1, No 1 (2016): Historia : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.127 KB) | DOI: 10.33373/his.v1i1.391

Abstract

Kurangnya kemampuan guru dalam hal perancangan dan penggunaan media pada saat menyampaikan materi mengakibatkan pembelajaran menjadi pasif dan tidak terjadi proses belajar yang diharapkan. Hal tersebut terlihat dari hasil belajar bidang studi Sejarah Kelas X di SMA N 14 Batam pada semester ganjil yang sebagian besar masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran monopoly game smart terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi sejarah Kelas X di SMA N 14 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IS di SMA N 14 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X IS 1 dan siswa kelas X IS 2. Jenis penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian dua kelompok sampel yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan penggunaan media monopoly game smart, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui test akhir/post test setelah diberi perlakuan. Instrumen dalam peneliian merupakan soal objektif yang telah diuji dan teknik analisis datanya menggunakan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian dengan judul Pengaruh Media Pembelajaran Monopoly Game Smart terhadap Hasil Belajar Siswa pada Bidang Studi Sejarah Kelas X di SMA Negeri 14 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015 membuktikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan perolehan hasil pengujian hipotesis menerima hipotesis alternatif (Ha) dan menolak hipotesis nol (H0), artinya terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan dari kelas yang menerapkan media monopoly game smart dibandingkan dengan metode ceramah, dengan rata-rata nilai kelas ekperimen 80 dan rata-rata nilai kelas kontrol 68.
LABUAN DELI KOTA PELABUHAN TRADISIONAL PORT CITY DELI LABUAN TRADITIONAL Hutagaol, Novita Mandasari
HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 1, No 2 (2016): Historia : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.828 KB) | DOI: 10.33373/his.v1i2.518

Abstract

Labuan Deli merupakan salah satu kota tradisional yang ramai dikunjungi sebelum kedatangan Belanda. Selain sebagai kota, Labuan Deli juga digunakan sebagai bandar perdagangan. Melalui Labuan Deli barang di ekspor dan di impor. Labuan Deli yang berada di bawah kekuasaan Kesultanan Deli dijadikan sebagai pusat pemerintahan Kesultanan Deli, sehingga hal ini menyebabkan Labuan Deli berkembang menjadi sebuah kota tradisional. Melalui artikel ini dapat dilihat gambaran kota tradisional sebelum kedatangan Belanda di Sumatra Timur, sehingga dapat diketahui bentuk dan aktivitas kota tradisional, khususnya Labuan Deli.Kata Kunci ; Labuan Deli, Kota PeLabuLabuan Deli is one of the traditional cities that visited before the arrival of the Dutch. Aside from being a city, Labuan Deli also used as a trading port. Through Labuan Deli goods in exports and in imports. Labuan Deli under the Sultanate of Deli serve as the central government of the Sultanate of Deli, so it caused Labuan Deli develop into a traditional city. Through this article can be seen picture of a traditional city before the arrival of the Dutch in the East Sumatra, so that can know the shape and traditional activities in the city, especially Labuan Deli.Keywords;Labuan Deli, City Harbor
STRATEGI MANAJEMEN KEUANGAN DALAM RUMAH TANGGA (BERBASIS EKONOMI SYARIAH ) ARNESIH, ARNESIH
HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 1, No 1 (2016): Historia : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.345 KB) | DOI: 10.33373/his.v1i1.387

Abstract

AbstrakPerekonomian yang  terjadi akhir-akhir ini membuat  pusing kepala terutama para ibu rumah tangga  yang harus bijak dalam mengelola keuangan. Hal ini akibat naik turun nya harga kebutuhan pokok. Dari pernyataan di atas, penulis bermaksud berbagi ilmu untuk menjaga kesetabilan keuangan dalam rumah tangga. Permasalahan dalam penelitian ini adalah seputar kajian tentang pengelolaan keuangan rumah tangga menurut ajaran Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  dengan metode deskiptif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis isi. Hasil penelitian ini diarahkan pada pembinaan kepribadian terhadap manajemen keuangan setiap rumah tangga muslim, pengembangan manajemen keuangan secara Islami, pengembangan pengamalan ajaran Islam khususnya dibidang ekonomi dan keuangan, dan pengembangan  sosialisasi dan penyampaian kepada orang lain,Kata Kunci: manajemen keuangan, rumah tangga, ekonomi syariahEconomy happened lately create headaches especially housewives who should be wise in managing finances. This is due to the up and down its prices of basic necessities. From the above statement, the authors intend to share knowledge to safeguard financial stability in the household. The problem in this research is about the study of household financial management according to the teachings of Islam. This study used a qualitative approach with the method descriptively. The analysis technique used is descriptive analysis and content analysis. Results of this research is directed to the personality development of the financial management of each household Muslim, Islamic development financial management, development of practice of the teachings of Islam, especially in the field of economics and finance, and the development of socialization and transmission to others, others.Keywords: financial management, household, Islamic economics
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASIDALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIIDI SMP KARTINI 1 BATAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Yulia, Desma; Arifin, Muhammad
HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 1, No 1 (2016): Historia : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.256 KB) | DOI: 10.33373/his.v1i1.400

Abstract

Kurang berhasilnya guru dalam menyampaikan materi mengakibatkan pembelajaran menjadi pasif dan tidak terjadi proses pembelajaran yang diharapkan. Hal tersebut terlihat dari nilai hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Kartini 1 Batam pada semester ganjil yang sebagian besar masih di bawah KKM.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media film animasi dalam pembelajaran IPS terpadu pada materi proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme barat terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Kartini 1 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalahpenelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental.Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Kartini 1 Batam.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh.Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIIIA dan siswa kelas VIIIB.Jenis penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian dua kelompok sampel yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen  diberi perlakuan penggunaan media film animasi. Sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Data penelitian dikumpulkan melalui test akhir/post test setelah diberi perlakuan.Hasil penelitian dengan judul Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi dalam Pembelajaran IPS Terpadu terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Kartini 1 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat dikatakan berpengaruh signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengujian hipotesis menerima hipotesis alternatif (Ha) dan menolak hipotesis nol (H0), artinya terdapat perubahan hasil belajar yang signifikan dari penggunaan media film animasi dalam pembelajaran IPS Terpadu.Kata kunci: Media Film Animasi, IPS Terpadu, Hasil Belajar Siswa.
Sejarah Perkembangan Suku Laut di Tanjung Gundap Kelurahan Tembesi Kecamatan Sagulung Batam Tahun 1982-2012. History evolution of Sea Tribe in Tanjung Gundap Village Tembesi Sagulung District of Batam Years 1982-1990 Yulia, Desma
HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 1, No 2 (2016): Historia : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.388 KB) | DOI: 10.33373/his.v1i2.519

Abstract

Suku Laut bekerja turun-temurun sebagai nelayan tradisional. Mengarungi lautan pada siang hari maupun malam hari, hujan, badai dan gelombang besar bukanlah sesuatu yang menakutkan bagi mereka tetapi merupakan tantangan yang harus disikapinya dengan arif dan bijak. Berdasarkan ketergantungan mereka pada alam (laut) inilah yang menjadikan mereka semakin arif dan peka terhadap tanda-tanda yang diberikan alam sehingga mereka mampu menyesuaikan diri dengan alam. Dan pada akhirnya dapat memanfaatkan dan mengelola sumber daya alam sebagaimana mestinya. Dengan berbekal kebudayaan dan memiliki nilai-nilai budaya tersebut yang membedakan jati dirinya dengan masyarakat yang lain. Suku Laut menyebar hampir di seluruh Kepulauan Riau. Dan di Batam sendiri, salah satu Suku Laut ada yang bermukim di Tanjung Gundap Kelurahan Tembesi Kecamatan Sagulung dekat dengan Jembatan Satu Barelang.Keyword: Sejarah, Perkembangan, Suku Laut di Tanjung GundapSea Tribe work hereditary as traditional fishermen. Sailed the ocean during the day or night, rain, storms and big waves is not something scary for them but it is a challenge that must disikapinya with wisdom and tact. Based on their dependence on natural (sea) this is which cause them more wise and sensitive to the signs which are given of nature so that they are able to adapt to nature. And on eventually can take advantage and manage natural resources as appropriate. Armed with the culture and values of the culture that distinguishes her identity with the other communities. Sea Tribe spread almost throughout the Riau Islands. And in Batam itself, one of the Sea People there are living in the village of Tanjung Gundap Tembesi District of Sagulung close to Bridge One Barelang.Keyword: History, development, Sea tribe in Tanjung Gundap
TEKNOLOGI DAN TIPE MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF GERHARD E. LENSKI, Sebuah Tinjauan Filsafat Sejarah Tarwiyani, Tri
HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 1, No 1 (2016): Historia : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (103.577 KB) | DOI: 10.33373/his.v1i1.388

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk melihat pandangan Gerhard E. Lenski tentang tipe masyarakat, teknologi, serta filsafat sejarah yang terkandung dalam pemikiran Lenski tentang tipe masyarkat. Tulisan ini merupakan tulisan yang berupa studi pustaka. Tulisan ini membawa pada hasil: 1) Lenski membuat tipe masyarakat menjadi lima yaitu) masyarakat pemburu dan peramu (hunting and gathering),  masyarakat hortikutural dan pastoral (horticulture and pastoralism), masyarakat agraris (agriculture), masyarakat industri (industry), dan masyarakat post industri (postindustialism); 2) Perubahan kelima tipe masyarakat ini terjadi karena teknologi dan berjalan secara evolutif dengan adanya inovasi dan perubahan atau kepunahan; 3) Filsafat sejarah yang terkandung dalam pemikiran Lenski antara laian: a) sejarah digerakan oleh teknologi yang berjalan secara evolutif dengan adanya inovasi dan kepunahan (perubahan); sejarah berjalan maju ke depan; metode yang digunakan Lenski adalah metode empiris. Kata Kunci: Gerhard. E. Lenski, Teknologi, Tope Masyarakat, Fisafat Sejarah