KOMUNIKA
Vol 4, No 2 (2021): Komunika

Strategi Komunikasi Pemasaran Halal Network International-Herba Penawar Alwahida Indonesia (Hni-Hpai) Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Muslim Di Bandar Lampung (Studi Pada Business Center Hni-Hpai Cabang Lampung 3)

Kartika Indri Asari (UIN Raden Intan Lampung)
Bambang Budiwiranto (UIN Raden Intan Lampung)
Mubasit . (UIN Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Perusahaan Herba Penawar Alwahida Indonesia-Halal Network International (HNI-HPAI) merupakan salah satu perusahaan yang terdaftar dalam Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) dan telah mendapatkan sertifikat halal oleh DSN-MUI dengan konsep Network Marketing yang memiliki jaringan cukup luas, dimana salah satu cabang perusahaan ini berada di wilayah Kota Bandar Lampung dengan nama Business Center HNI-HPAI Cabang Lampung 3. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran, bentuk komunikasi pemasaran, strategi promosi, elemen-elemen bauran pemasaran yang digunakan dan proses manajemen perusahaan melalui kegiatan dan program serta faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis field research dan bersifat deskriptif serta desain penelitian menggunakan studi kasus. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa HNI-HPAI dalam melakukan strategi komunikasi pemasarannya mempertimbangkan bauran pemasaran yang terdiri dari 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, Process) dan elemen bauran promosi yang meliputi periklanan, promosi penjualan, pemasaran efektif, hubungan masyarakat, penjualan pribadi dan pemasaran langsung dengan baik. Pesan yang disampaikan didukung dengan berbagai saluran komunikasi atau alat bantu promosi berupa media offline, online, dan media elektronik serta komunikasi langsungyang diimplementasikan dalam bentuk kegiatan seperti training event, KHT (Kuliah Herba Thibbunnabawi), Spriritual Motivation Training, Home Sharing, Corporate Program, seminar, dan sebagainya. Strategi promosi yang digunakan menggunakan teknik PCA (Pakai, Cerita, Ajak).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

komunika

Publisher

Subject

Religion Humanities Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

KOMUNIKA focuses on the study of Islamic communication and broadcasting. The scope of the KOMUNIKA includes Mass Communication; Organizational Communication; Journalism; Communication Media Development; ...