Journal of Biology Education
Vol 6 No 2 (2017)

Lembaran Kerja Mahasiswa Berbasis Mastery Learning yang Praktis dan Efektif Pada Mata Kuliah Genetika

Megahati, Ruth Rize Paas (Unknown)
Yanti, Febri (Unknown)
Susanti, Diana (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2017

Abstract

Genetika merupakan salah satu mata kuliah Keilmuan dan Keterampilan dalam bidang Biologi danmerupakan mata kuliah wajib di program studi pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumbar Padang.Konsep-konsep genetika sulit dipahami mahasiswa. Selama perkuliahan mahasiswa hanyamengharapkan informasi dari dosen padahal fasilitas perpustakaan dan wifi sudah tersedia.Mahasiswa tidak mampu menyelesaikan soal-soal genetika yang lebih banyak membahas soal-soalhitungan layaknya matematika. Selama ini belum tersedia lembar kerja mahasiswa yang memadai.Akibatnya proses belajar tuntas (Mastery learning) tidak terlaksana dan hasil belajar mahasiswa masihrendah pada mata kuliah genetika. Tujuan penelitian ini mengembangkan lembar kerja mahasiswaberbasis Mastery learning pada mata kuliah genetika yang praktis dan efektif. Jenis penelitian ini,penelitian pengembangan dengan menggunakan 4-D models. Teknik analisis data yang digunakanadalah analisis deskriptif yang mendeskripsikan hasil uji kepraktisan dan keefektifan lembar kerjamahasiswa berbasis Mastery learning. Hasil uji kepraktisan lembar kerja mahasiswa berbasis Masterylearning pada mata kuliah genetika berada pada kriteria 80,33% dan 80,14% yang berarti lembar kerjamahasiswa ini praktis digunakan oleh dosen dan mahasiswa. Lembar kerja mahasiswa berbasisMastery learning efektif karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa.Kesimpulan penelitian ini adalah lembar kerja mahasiswa berbasis Mastery learning pada mata kuliahgenetika dinyatakan praktis dan efektif. Genetics is one of the subjects that must be followed by students in Biology study programe. Generallystudents do not like the genetic subject because of genetics concepts difficult to understand and theunavailability of a practical student worksheets. Consequently, the complete learning process (Masterylearning) is not fulfilled and low student learning outcomes. The aim of this study develops studentworksheets based on Mastery learning that practical in genetic subject. This research is a research anddevelopment using 4-D models. The data analysis technique used is descriptive analysis that describesthe results of the practicalities of student worksheets based on Mastery learning by students and lecturersof genetic subject. The result is the student worksheets based on Mastery learning on genetics subject areto the criteria of 80,33% and 80,14%, which means that the students worksheets practical used bylecturers and students. Student worksheet based on Mastery learning effective because it can increase theactivity and student learning outcomes. The conclusion of this study is student worksheets based onMastery learning in the subject of genetics otherwise practical and effective.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ujbe

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Journal of Biology Education [e-ISSN 2540-833X | p-ISSN 2252-6579 | DOI 10.15294/jbe | DOAJ toc/2252-6579 | Department of Biology, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Semarang] publishes research articles and conceptual analysis of philosophy, education theory, biology ...