Indonesian Journal of History Education
Vol 4 No 2 (2016): Indonesian Journal of History education

Pengembangan Bahan Ajar Sejarah dengan Menampilkan Eksistensi Bangunan Peninggalan Masa Kolonial di Lasem Menggunakan Booklet pada Pokok Bahasan Kolonialisme dan Imperialisme Belanda di Indonesia pada SMAN 1 Lasem

Rahmad Ardiansyah (Unknown)
R Suharso (Unknown)
Ba'in Ba'in (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan bahan ajar sejarah eksistensi bangunan peninggalan kolonialisme Belanda di Lasem dilihat dari hasil validasi oleh validator ahli materi dan media. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau RnD (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembuatan bahan ajar booklet melalui beberapa tahapan pengembangan bahan ajar yang baik (2) penilaian ahli materi dari aspek kelayakan isi diperoleh skor 91%, kelayakan penyajian 86% dan kelayakan bahasa 84%. Sedangkan ahli media dari aspek kelayakan kegrafikan diperoleh skor 91% artinya sudah sangat baik. Tanggapan guru didapati bahwa booklet yang dikembangkan peneliti sudah cukup bagus dan layak untuk dipergunakan sebagai acuan bahan ajar sejarah lokal di Kabupaten Rembang.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ijhe

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesia Journal of History Education (IJHE) adalah jurnal yang menerbitkan artikel hasil penelitian atau konseptual tentang pendidikan sejarah yang meliputi kajian kurikulum sejarah, proses pembelajaran, media dan sumber belajar sejarah, inovasi pendidikan sejarah dan pendidikan. IJHE merupakan ...