Indonesian Journal of History Education
Vol 5 No 2 (2017): Indonesian Journal of History Education

Penanaman Nilai-Nilai Multikulturalisme dalam Pembelajaran Sejarah Sub Materi Pokok Indonesia Zaman Hindu-Buddha pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga Tahun Ajaran 2016/2017

Siti Nurjanah (Unknown)
Hamdan Tri Atmaja (Unknown)
Ufi Saraswati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penanaman nilai-nilai multikulturalisme dalam pembelajaran sejarah sub materi pokok Indonesia zaman Hindu-Buddha, pemahaman siswa mengenai nilai-nilai multikulturalisme dalam pembelajaran sejarah sub materi pokok Indonesia zaman Hindu-Buddha dan implementasi nilai dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai multikulturalisme dilakukan secara praktis dalam pembelajaran di dalam kelas yang terintegrasi dengan sub-sub materi pokok Indonesia zaman Hindu-Buddha. Penanaman nilai-nilai multikulturalisme tidak terdapat di RPP dan silabus, namun evaluasi beberapa nilai multikultural secara tersirat terdapat di RPP, siswa memahami adanya pengajaran nilai toleransi dalam materi Indonesia zaman Hindu-Buddha dan mengimplementasikan nilai-nilai multikulturalisme dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ijhe

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesia Journal of History Education (IJHE) adalah jurnal yang menerbitkan artikel hasil penelitian atau konseptual tentang pendidikan sejarah yang meliputi kajian kurikulum sejarah, proses pembelajaran, media dan sumber belajar sejarah, inovasi pendidikan sejarah dan pendidikan. IJHE merupakan ...