Penelitian ini bertujuan mengkaji hubungan persepsi peserta didik terhadap kompetensi konselor dan fungsi bimbingan dan konseling dengan minat dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Surabaya. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional dan sampel 398 yang diambil secara random. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus korelasi berganda dan dari analisis tersebut ditemukan: (1) Terdapat hubungan yang signifikan positif antara persepsi terhadap kompetensi konselor dengan minat dalam mengikuti layanan bimbingan dan; (2) Variabel persepsi terhadap fungsi bimbingan dan konseling dengan minat terhadap layanan bimbingan dan konseling juga menunjukkan adanya hubungan yang signifikan; dan (3) Secara bersamaan variabel persepsi terhadap kompetensi konselor dan fungsi bimbingan dan konseling terhadap minat mengikuti layanan bimbingan dan konseling menunjukkan hasil yang sangat signifikan positif. Temuan ini menguatkan pentingnya profesionalitas konselor dan sosialisasi peran dan fungsi bimbingan dan konseling di sekolah
Copyrights © 2021