Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah
Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah

Peningkatan Hasil Belajar Daring Mapel IPS Melalui Model Pembelajaran Artikulasi Pada Peserta Didik SMP 20 Kota Semarang

Lucy Fiventina (SMP Negeri 20 Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran dengan hasil kurang dan partisipasi mengikuti pelajaran rendah, kurang antusias, siswa kurang aktif dan lebih cenderung pasif, permasalahan dalam penelitian ini adalah 1.Bagaimana aktivitas guru dengan menerapkan model pembelajaran artikulasi pada hasil belajar daring mata pelajaran IPS materi mengenal negara negara Asean peserta didik kelas VIII SMP 20 kota Semarang? 1.Untuk mengetahui aktivitas guru dengan menerapkan model pembelajaran artikulasi pada hasil belajar daring mata pelajaran IPS materi mengenal negara negara Asean peserta didik kelas VIII SMP 20 kota Semarang.Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian siswa kelas VIII SMP N 20 Kota Semarang yang berjumlah 32 siswa. Model yang digunakan adalah model pembelajaran artikulasi dengan materi mengenal Negara Negara Asean. Hasil penelitian ini menunjukkan proses belajar-mengajar denagn model pembelajaran artikulasi dengan materi mengenal Negara Negara Asean meningkat dari siklus I dan siklus II, terbukti dari Siklus I rata-rata aktivitas siswa mencapai 67 %, siklus II mencapai 86.25%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 29.8%. Siklus I nilai ketuntasan sebesar 6.25% dan pada siklus II meningkat menjadi 96.80% sehingga terjadi peningkatan sebesar 90.55% Peningkatan hasil belajar siswa terjadi setelah dilakukan perbaikan siklus I dan siklus II disebabkan metode dan media yang digunakan guru/peneliti saat mengajar daring dengan sangat tepat. Penelitian yang dilakukan hanya sampai siklus II dan tidak dilanjutkan lagi karena sesuai dengan standar ketuntasan peneliti yaitu 80% itu dikatakan berhasil apabila siswa sudah memenuhi nilai ketuntasan 70.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah merupakan jurnal ilmiah inovasi dari multidisiplin ilmu yang diteliti di sekolah. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah diterbitkan oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Semarang dengan ISSN 2774-9363 (Cetak) dan ISSN 2774-9746 (Online). Terbit ...