COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 4, No 6 (2021)

PEMBELAJARAN ONLINE PEMAHAMAN MATEMATIK DI KELAS IV SD PADA MATERI KELILING PERSEGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Aryani, Pipih (Unknown)
Murni, Sukma (Unknown)
Widianto, Febri Restu (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya prestasi belajar matematika yang disebabkan kurangnya pemahaman konsep dasar matematik siswa di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematik siswa kelas IV SD  khususnya materi keliling persegi melalui metode Pembelajaran Berbasis Masalah  (PBM).  Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam menerapkan model pembelajaran yang sesuai. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan beberapa instrumen yaitu, instrumen wawancara, angket guru dan angket siswa. Subjek penelitian yaitu 1 guru dari SDN Nusaindah 01, 1 guru dari SDN Budhi Asih, 12 siswa kelas IV SDN Nusaindah dan 12 siswa kelas IV SDN Budhi Asih. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman matematik siswa di sekolah dasar dapat ditingkatkan melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kinerja guru dan pemahaman matematik siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...