Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 3 (2022)

Penerapan Literasi Sains Basis Kelas oleh Guru PAUD di Kota Surakarta

Vera Sholeha (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Siti Wahyuningsih (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Ruli Hafidah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Muhammad Munif Syamsuddin (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Adriani Rahma Pudyaningtyas (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Nurul Kusuma Dewi (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Novita Eka Nurjanah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2021

Abstract

Hasil PISA 2018 menunjukkan rata-rata skor sains negara-negara OECD adalah 489, namun Indonesia baru mencapai skor 396 (OECD, 2019) yang artinya masih berada di level bawah. Padahal sejak 2017 Indonesia sudah menggalakkan Gerakan Literasi Nasional. Penelitian ini merupakan penelitian survey yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan literasi sains pada PAUD di Kota Surakarta. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru PAUD di Surakarta dan sampel dari penelitian ini adalah 64 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner respon guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Hasil persentase dari penelitian ini menunjukkan bahwa indikator literasi sains basis kelas mendapatkan hasil yang bervariasi. Adapun hambatan yang dialami oleh guru dalam penerapan literasi sains diantaranya adalah guru belum pernah mengikuti pelatihan tentang pengembangan pembelajaran literasi sains di PAUD, guru belum memahami bagaimana penerapan literasi sains, serta sarana dan prasarana sekolah yang belum memadai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...