Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 3 (2022)

Dampak Aplikasi ScratchJr terhadap Ketrampilan Problem-Solving Anak Usia Dini

Novita Eka Nurjanah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Ruli Hafidah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Muhammad Munif Syamsuddin (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Adriani Rahma Pudyaningtyas (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Nurul Kusuma Dewi (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)
Vera Sholeha (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2021

Abstract

Konsep budaya digital mengungkapkan bahwa buta aksara tidak lagi diartikan sebagai keadaan tidak mengetahui cara membaca dan menulis. Buta aksara di era digital diartikan sebagai keadaan tidak dapat menggunakan komputer dan teknologi. Oleh karena itu, pembelajaran berbasis teknologi digital harus dimulai sejak anak usia dini. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran berbasis scratchJr terhadap ketrampilan problem solving anak usia ini. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah systematic literatur review dengan melakukan analisis 19 artikel jurnal. Hasil analisis studi teoritis menunjukkan bahwa scratchJr memungkinkan anak usia dini untuk terlibat dalam pembuatan cerita interaktif, permainan, serta kesenangan digital secara mandiri atau hanya memerlukan sedikit bimbingan di sepanjang jalan proses pembuatannya. Anak usia dini dengan cepat dapat mengakses serta memahami kemampuan pemrograman dengan menggunakan pemikiran matematis dalam pendekatan untuk pemecahan masalah atau problem solving.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...