Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 3 (2022)

Empati Anak Usia Dini: Pengaruh Penggunaan Video Animasi dan Big Book di Taman Kanak-Kanak

Jojor Renta Maranatha (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia)
Dewi Indriati Hadi Putri (Pendidikan Sistem Telekomunikasi, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap empati anak usia dini. Metode penelitian menggunakan metode kuasi ekperimen, dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di Purwakarta, Indonesia. Partisipan dalam penelitian ini anak rentang usia 5-6 tahun yang berjumlah 38. Adapun pengumpulan data yang dilakukan dengan rating scale empati anak usia dini. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan paired sample t-test untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap empati anak usia dini, dan independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan empati antara grup ekperimen dan grup kontrol. Hasil dari penelitian ini ialah: (1) Terdapat pengaruh media pembelajaran video animasi empati terhadap empati anak usia dini. (2) Terdapat perbedaan empati anak usia dini yang mendapatkan pembelajaran dengan media video animasi empati dengan anak usia dini yang mendapatkan pembelajaran dengan media big book Empati. Kesimpulan yang diperoleh bahwa media video animasi lebih efektif daripada media big book dalam mengingkatkan empati anak usia dini

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...