Journal of Authentic Research on Mathematics Eduacation (JARME)
Vol 3, No 2 (2021)

ETNOMATEMATIKA PADA PROSES BUDI DAYA PETANI TAMBAK UDANG INDRAMAYU

Tri Koriah (Universitas Wilalodra)
Nandang Nandang (Universitas Wilalodra)
Mellawaty Mellawaty (Universitas Wilalodra)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali etnomatematika pada proses budi daya dan teknik menghitung benih udang oleh petani. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah human instrument, peneliti berhubungan langsung dengan naras umber penelitian dan berperan sebagai pengumpul data melalui pengumpulan data pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian yaitu satu observer dan tiga narasumber, yakni pemasok benih udang, pemilik kolam tambak udang pembesaran, dan pekerja tambak udang. Teknik analisis daya dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, analisis, verifikasi data, serta keabsahan data yang dipaparkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat konsep-konsep matematika yang ditemukan dalam proses budi daya untuk menentukan banyak bibit benih udang yang ditebar pada setiap kolam, menentukan banyak pakan yang diberikan, menjumlahkan setiap benih yang dimasukan kedalam kantong, menghitung banyak benih udang pada satu kantong dan mengalikannya dengan banyak kantong yang dibeli petani tambak. Selain itu pembudidaya telah mengaplikasikan matematika dalam menentukan luas yang digunakan untuk menebar benih, menyesuaikan banyak benih yang ditebar dalam kolam, menentukan volume air pada kolam juga mempresentasekan hasil penjualan. Adapun konsep-konsep matematika yang muncul dalam proses budi daya dan teknik menghitung yang dilakukan oleh pembudidaya serta petani tambak udang adalah Teori Bilangan, Geometri, dan Statistik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jarme

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) ISSN: 2655-7762 (online) diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi. ...