Mathematics Research and Education Journal
Vol. 5 No. 2 (2021): October

DEVELOPMENT OF EDUCATIONAL GAME-BASEDLEARNING MEDIA BYCONSTRUCT2

Melati Khairunnisya (UNIVERSITAS ISLAM RIAU)
Sari Herlina (Unknown)
Lilis Marina Angraini (Universitas Islam Riau)
Suripah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil validitas dan kepraktisan produk hasil pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi dengan construct 2. Media pembelajaran yang dikembangkan merupakan media pembelajaran interaktif sehingga dapat meningkatkan antusias peserta didik dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran ini bisa digunakan dalam proses pembelajaran tatap muka maupun pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE, yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar angket validasi, angket respon guru dan angket respon peserta didik. Pengumpulan data menggunakan skala likert. Objek penelitian ini berupa media pembelajaran dengan construct 2 pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII Sekolah Menengah Pertama atau Sederajat. Media diuji cobakan kepada 25 peserta didik kelas VIII di SMP Babussalam Pekanbaru. Data validasi dan data kepraktisan yang diperoleh dianalisis dengan cara menentukan nilai rata-rata setiap instrumen. Rata-rata nilai validasi yang diperoleh yaitu 91,86% dengan kategori sangat valid. Rata-rata nilai angket respon guru yaitu 100% dengan kategori sangat praktis dan nilai rata-rata angket respon peserta didik adalah 84,27% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis game edukasi dengan construct 2 teruji kevalidan dan kepraktisannya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Mathematics Research and Education Journal is a forum that published original research on the learning and teaching of mathematics and mathematics. Coverage includes such topics as curriculum and pedagogy practices for mathematics learning; the role and nature of knowledge in mathematics learning; ...