Penelitian ini bertujuan mengkaji penerapan Google Classroom dalam pembelajaran matematika di masa pandemi Covid-19 serta upaya guru dan siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan digunakan peneliti dalam penganalisisan data. Triangulasi sumber data digunakan untuk mengecek keabsahan data. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa guru dalam proses pembelajaran mengecek kehadiran siswa, memberikan motivasi belajar, menyampaikan materi, melakukan tanya jawab, dan memberikan tugas. Guru dan siswa di awal pembelajaran masih mengalami kesulitan dalam mengoperasikan Google Classroom. Kesulitan dalam mengakses internetpun masih dirasakan oleh beberapa siswa. Kesulitan siswa dalam memahami materi dikarenakan penyajian materi melalui tulisan saja, kurangnya contoh contoh, dan sajjian gambar yang kurang jelas. Dalam mengoptimalkan pemahaman siswa, guru berupaya menggunakan video pembelajaran yang dibuatnya. Upaya lain yaitu, guru memantau setiap perkembangan siswa dalam memahami materi dan memberikan berbagai contoh. Sementara itu untuk lebih memperdalam penguasaan materi, siswa bertanya kepada siswa lain melalui Whatsapp, mencari sumber belajar lain yaitu melalui Google, Youtube, dan mencari buku sumber lainnya.
Copyrights © 2022