Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
Vol 21 No 3 (2021)

Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Filosofi Tongkonan Pada Era New Normal di SD Kristen Makale 1

Hakpantria Hakpantria (Universitas Kristen Indonesia Toraja)
Shilfani Shilfani (Universitas Kristen Indonesia Toraja)
Linerda Tulaktondok (Universitas Kristen Indonesia Toraja)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi tentang pendidikan karakter berbasis nilai filosofi Tongkonan yang berlaku di SD Kristen Makale 1 di Tana Toraja. Metode yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa (1) pelaksanaan pendidikan karakter pada era new normal dilaksanakan secara online dan tatap muka yang dibagi dalam 2 sesi. (2) Terdapat pendidikan karakter berbasis filosofi Tongkonan yaitu karakter religius, jujur, tekun, disiplin, peduli, karapasan, kerja keras, kasianggaran, kasiuluran. Pendidikan karakter dilaksanakan melalui morning devision dan ibadah rutin secara virtual. Melakukan tongkon bagi yang berduka kemudian adanya bentuk kepedulian melalui carring Piggy Bank dan  Penanaman karakter khusus  yang di berikan pada siswa melalui petua. Dapat disimpulkan bahwa di sekolah tersebut menerapkan pendidikan karakter yang berbasis nilai-nilai filosofi Tongkonan yang terdapat dalam kearifan lokal Toraja. Sehingga pentingnya pendidikan karakter pada era new normal di sekolah dasar yang dapat dikaitkan  dengan budaya lokal.

Copyrights © 2021