Jurnal Analisa
Vol 7, No 2 (2021): Volume 7 Nomor 2 Tahun 2021

Analisis masalah belajar mahasiswa pada materi integral ditinjau dari perspektif disposisi matematis

Nur'aini Muhassanah (Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, UNU Purwokerto, Purwokerto)
Hamidah Suryani Lukman (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, UMMI, Sukabumi)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan masalah belajar  mahasiswa pada materi integral khususnya pada aplikasi mencari luas daerah ditinjau dari perspektif disposisi matematis. Subjek penelitian ini adalah 8 mahasiswa semester 2 Program Studi Matematika Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto yang terdiri dari 5 mahasiswa kategori disposisi matematis positif rendah dan 3 mahasiswa kategori disposisi matematis positif sedang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnostik dan wawancara untuk mendapatkan data kesulitan belajar, sedangkan instrumen angket untuk mendapatkan  data disposisi matematis. Validasi data penelitian ini menggunakan metode triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan yang dialami mahasiswa pada materi aplikasi integral untuk luas daerah mahasiswa pada kategori disposisi matematis positif rendah dan positif sedang mengalami kesulitan belajar yang sama pada mata kuliah kalkulus 2 materi aplikasi integral untuk luas daerah, yaitu kesulitan dalam menggambar grafik fungsi dan menentukan luas daerah yang dicari. Selain dua kesulitan tersebut, mahasiswa yang masuk kategori disposisi matematis positif rendah adalah kesulitan menentukan batas integral dan kesulitan memahami integral. Selain itu, dapat disimpulkan juga mahasiswa yang masuk kategori disposisi matematis positif sedang akan lebih berusaha dan bertahan dalam menyelesaikan kesulitan dibandingkan mahasiswa pada kategori positif rendah. This study aims to describe student learning problems on integral material in the application of finding the area in terms of the perspective of mathematical disposition. The subjects of this study were 8 students of the mathematics study program of a university in Purwokerto, consisting of 5 students in the low positive mathematical disposition category and 3 students in the moderate positive mathematical disposition category. The results showed that the difficulties experienced by students in integral application material in the category of low and moderate positive mathematical dispositions were experiencing the same learning difficulties in the calculus 2 course, integral application material for area, namely difficulties in drawing function graphs and determining the area sought. In addition to these two difficulties, students who were in the category of moderate positive mathematical disposition will try and strive more to overcome the difficulties than those who were in low positive category.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

analisa

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Analysa Is a Journal published by Department Mathematics Education Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Starting Year 2013. Emphasizing On Aspects Related to Mathematics Learning Include: Curriculum, Strategy / Method, Learning Media, Evaluation, ...